Pages

Rabu, 14 Januari 2009

Tips dan Trik Win XP

Tips dan trik berikut bisa anda gunakan pada windows XP anda. Windows XP dibuat untuk memperbarui dan meningkatkan versi windows sebelumnya (98, ME, 2000), walaupun persaratan computer tidak menuntut spek yang terlalu tinggi (ram 128, processor 400 MHZ (PII), harddisk 2 GB) namun anda perlu mengaplikasikan tips dan trik di bawah ini agar windows XP anda bisa berjalan dengan cepat dan nyaman.

A. Percepat booting Win XP

ketik ” del c:\windows\prefetch\ntosboot-*.*/q” (tanpa tanda kutip) simpan di C:\ dengan nama ntosboot.bat, buka gpedit.msc pada RUN klik komputer konfiguration klik dua kali shutdown, pada properti shut down browse dan browse file yang kita buat tadi, klik apply dan ok.
buka device manager buka ide ATA/ATAPI kontroller, klik dua kali primarry IDE pada advanced setting bikin none kotak yang bisa, lakukan juga pada secondarynya (buat auto detection jika anda ingin menambahkan harddisk atau cd drive baru)

C. Percepat start menu

  1. Buku run (window + r) dan ketikkan regedit

  2. cari di HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop.

  3. Cari key yang bernama MenuShowDelay ( type string ) kemudian klik dua kali dan ubah nilainya menjadi 0 (defaultnya 400).

  4. restart komputer.

D. Buang efek-efek yang tidak berguna

  1. Buanglah walpaper pada desktop windows untuk mempercepat proses loadingnya.

  2. Buang ikon yang tidak anda butuhkan di desktop window

  3. Matikan sound startup dengan cara buka control panel klik dua kali sounds and audio devices. Klik tab sounds dan pada sound scheme pilih pilih none dan klik no jika ada kotak peringatan. Kemudian klik OK

  4. Buang visual effect yang tidak diperlukan caranya:
    klik kanan my komputer kemudian properties pilih tab advanced dan cari performance klik settings dan visual effects dan pilih Adjust for best performance atau custom Centang Use visual style on windows and buttons ( biasanya bagian terakhir ) kemudian klik ok

E. rajin-rajinlah mendefrag computer anda minimal seminggu sekali jika anda sering memakai computer anda

F. Matikan startup program yang tidak diperlukan dengan cara mengosongkan folder startup di startmenu, dan menonaktifkan program yang berjalan di belakang dengan cara buka run (window + r) ketikkan msonfig klik tab startup dan hilangkan centang program yang tidak inggin dijalankan (ingat anda harus tahu program yang tidak perlu dan perlu bagi computer anda, misalnya program yang perlu adalah antivirus).

G. Matikkan service yang tidak berguna
Untuk mematikan service yang tidak berguna caranya adalah buka run (window +r) kemudian ketikkan services.msc kemudian matikan service-service berikut:

1. automatic updates (ini digunakan untuk mengotomatiskan update window xp anda pada server Microsoft) matikan service ini, jika anda ingin mengupdate window anda anda dapat melakukanya secara manual.

2. Indexing services (ini digunakan untuk mengindex file-file anda untuk agar proses pencarian lebih cepat) matikan service ini karena ini tidak diperlukan.

3. security center

4. System restore service (digunakan untuk meestore computer anda bila ada masalah) ini memakan beberapa MB harddisk anda untuk menyimpan file backup. Anda dapat mematikannya

5. Task scheduler

6. Windows firewall/internet connection sharing

7. wireless zero configuration

H. kosongkan file di windows\prefetch jika loading window terasa lambat

I. Gunakan software tambahan seperti tune up utilities atau system mechanic

Comments :

0 komentar to “Tips dan Trik Win XP”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by "Anak-kost "

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger