Pages

Minggu, 01 Maret 2009

Industri Server Global Tumbang

server Linux mengalami penurunan pendapatan terkecil pada kuartal keempat 2008. Alhasil, pangsa pendapatan global server Linux pun meningkat, dengan mengikis pendapatan server Unix dan Windows.

Laporan terbaru firma riset International Data Corp (IDC) mengungkap, pendapatan server global pada 2008 mengalami penurunan tajam akibat hantaman krisis ekonomi. Penurunan terbesar pendapatan server global terjadi pada kuartal keempat (Oktober-Desember) 2008.

"Pasar server global mengalami penurunan pendapatan paling tajam sejak tujuh tahun silam. Seluruh produsen server, seluruh wilayah, dan seluruh segmen pasar server mengalami penurunan pendapatan," papar Group Vice President Enterprise Platforms Group IDC Matthew Eastwood.

IDC menjelaskan, peringkat lima besar produsen server dunia pada 2008 memang tidak berubah. Namun begitu, tidak satu pun anggota kelompok lima besar terbebas dari pertumbuhan negatif. Ini adalah peristiwa pertama sejak kuartal pertama (Januari-Maret) 2002.

IDC menegaskan, pada kuartal keempat 2008 pendapatan server global turun 14,0% per tahun menjadi sekitar USD13,5 miliar. Pada kuartal keempat 2007, industri tersebut masih mampu menuai pendapatan USD15,7 miliar. Saat itu, dunia memang belum dilanda krisis. Untuk keseluruhan 2008, dibandingkan keseluruhan 2007, pendapatan server global turun 3,3% menjadi USD53,3 miliar, dari USD55,1 miliar pada 2007.

Pada 2008, industri server global masih didominasi IBM, HP, Dell, Sun, dan Fujitsu/FSC. Dari sisi sistem operasi, server Unix mengalami penurunan pendapatan sebesar 6,2% per tahun pada kuartal keempat 2008. Pada periode tersebut, pendapatan server Unix global hanya mencapai USD4,9 miliar, alias mewakili 36,2% dari total pendapatan server global pada kuartal keempat 2008. Penurunan pendapatan juga terjadi pada server Windows.

Menurut IDC, penurunan pendapatan server Windows global pada kuartal keempat 2008 mencapai 17,8% per tahun menjadi USD4,8 miliar. Karena itu, server Windows menyumbangkan 35,3% dari total pendapatan server global pada kuartal keempat 2008.

Sistem operasi server terbesar ketiga, yaitu Linux, pada kuartal keempat 2008 mengalami penurunan pendapatan lebih kecil dibandingkan dua pesaingnya yang lebih besar, yakni hanya 7,0% per tahun menjadi USD1,8 miliar. Alhasil, pangsa pendapatan global Linux pada kuartal keempat 2008 naik lebih dari 1,0 poin persentase menjadi 13,6%.

Fujitsu Siemens Hadirkan PC -Nol Watt

Salah satu yang membuat industri komputer dituding sebagai penyebab rusaknya lingkungan adalah, pemakaian listrik dengan konsumsi yang sangat besar. Bahkan, dalam keadaan mati pun, komputer tetap menyerap listrik.

Demi mengatasi masalah tersebut, vendor Personal Computer (PC) Fujitsu Siemens berencana untuk meluncurkan desktop The Esprimo 7935, yang diklaim mampu dapat menggunaka listrik seirit mungkin. Pasalnya, jika selama ini PC biasa dalam posisi mati, tetap menyerap listrik antara 1 sampai 4 watt, maka tidak dengan produk keluaran.

"The Esperimo 7935 tidak memakai listrik hingga nol watt saat tidak digunakan, bahkan tanpa harus mencabut kabel kontak," ungkap Lothar Lechtenberg, juru bicara Fujitsu Seimens, seperti yang dilansir PC World (Senin 2/3/2009), saat pameran elektronik Cebit Trade Fair di Hanover, Jerman.

Mereka pun menjamin, kalau ini akan menguntungkan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Karena bisa dibayangkan, jika sebelumnya dalam satu perusahaan dengan banyak PC, akan tetap terus membayar pengeluaran listrik, meski PC tersebut dalam kondisi tidak digunakan. Dan masalah tersebut akan diselesaikan.

"Perusahaan akan mampu menghemat pengeluaran hingga 89 persen. Karena The Esprimo 7935, menghadirkan sebuah solusi yang baru,

Followers

 

Copyright © 2009 by "Anak-kost "

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger