Pages

Selasa, 09 Desember 2008

Dari Blog, Berlanjut ke Layar Lebar


JAKARTA - Dari sekian banyak blog yang tumbuh pesat di Indonesia mungkin hanya sedikit yang bisa menuai sukses dari hasil tulisannya di blog. Radityadika.com merupakan pionirnya.

Raditya Dika, adalah salah satu sedikit blogger yang bisa merengkuh keuntungan dari tulisan-tulisannya yang dipublikasikan di blog. Bersama blognya, www.radityadika.com, kini dia bisa menghasilkan beberapa buku, dan dari buku tersebut bahkan ada yang diangkat ke layar lebar. Popularitas serta gelimangan uang pun berhasil dia capai.

Berawal dari tahun 2002, ketika itu pria yang akrab dipanggil Dika tertarik dengan beberapa catatan pribadi blogger asing yang tertuang di dalam blog. Karena memang pada dasarnya dia hobi menulis kisah pribadi di diary, Dika tertarik untuk mencoba menulis pengalaman-pengalaman konyolnya untuk dipublikasikan di blog tersebut.

Kisah hidupnya yang nyeleneh dibalut dengan gaya tulisan yang 'tidak biasa', membuat blog yang dulu bernama kambingjantan.com mendapat respon positif dari pembaca. Dalam waktu singkat, kambingjantan.com diganjar penghargaan Best Blog Award, dari para ekspatriat Indonesia yang tinggal di Hong Kong.

Perubahan nama dari kambingjantan.com ke radityadika.com, menurut Dika merupakan metamorforsis dirinya dari yang bercerita tentang kehidupannya sebagai mahasiswa menjadi seorang penulis komedi.

"Sejak itu mendapat award itu, gue berpikir untuk menjadikan tulisan gue di blog kedalam sebuah buku," terang Raditya Dika, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (11/11/2008).

Membaca tulisan di blog ini memang selintas seperti catatan pribadi pada umumnya, kekuatannya terletak pada penyajian tulisan yang berbeda, apa adanya, bahkan cenderung menabrak kaidah tulisan yang sudah ada. Akan tetapi kejujuran dalam setiap tulisannya membuat blog ini berbeda dengan yang lainnya.

"Dalam setiap tulisan gue dari dulu hingga sekarang selalu menempatkan kejujuran, Gue tidak pernah berpikir, tulisan ini akan menghasilkan keuntungan," tegas penulis yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Indonesia ini.

Di dalam blognya, Dika selalu menjadikan tingkah polah keluarga yang menurutnya 'abnormal', teman-teman, serta lingkungan sekitarnya sebagai objek 'derita' pada setiap tulisannya. Kepolosan dan ditambah kejujuran dalam menulis membuat blog ini selalu membuat pembaca tertawa, serta terhibur.

Dari 4 buku yang diterbitkan, Kambingjantan (2005), Cinta Brontosaurrus (2006), Radikus Makan Kakus (2007), dan Babi Ngesot (2008), semuanya laris manis sebagai best seller. Bahkan, buku pertamanya yang berjudul Kambing Jantan, diangkat ke layar lebar. Film Kambing Jantan sendiri di sutradarai oleh Rudi Soedjarwo, dengan pemeran utamanya adalah Raditya Dika sendiri.

"Gue senang banget, waktu ngeliat kejadian-kejadian yang gue alamin di blog, kini di reka ulang dalam film, serta di arahkan oleh sutradara sekaliber Rudi Soejardwo," tambahnya lagi.

Dia meyakini bahwa blog telah merubah kehidupannya 180 derajat, semua kesempatan yang dia raih sekarang tidak bisa dipungkiri dihasilkan melalui blog, Meski begitu, Dika tetap akan berusaha membuat blognya untuk selalu segar dengan gaya komedi berbeda. Karena menurutnya secara tidak langsung blog radityadika.com, telah menginspirasi ratusan anak muda untuk membuat blog dengan genre yang sejenis.

 

Copyright © 2009 by "Anak-kost "

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger